FENG SHUI RUMAH KECIL




“FENG SHUI RUMAH KECIL”


PERTANYAAN :
Salam kenal dari saya, nama saya Nilam. Saya lahir di Padang, tanggal 10 Desember 1976 & single. Kebetulan saya baru membeli rumah kecil dengan lahan yang menghadap ke Timur, lebar 5 m dan panjang 12 m. Rumah tersebut rencananya bulan   8    baru selesai dibangun. Sehubungan dengan itu, saya mau melakukan pengembangan dan mohon kiranya Bapak dapat membantu saya merancang rumah menurut Feng Shui. Apakah rumah kecil bisa di-Feng Shui?

Karena budget yang saya miliki sangat terbatas, maka saya hanya ingin memaksimalkan semua ruangan pada lantai 1 dan area service saja yang berada di lantai 2.
 Lantai 1 :
1. sebuah kamar utama yang akan saya tempati oleh saya sendiri bersama adik perempuan saya (single) yang lahir tanggal 11 Sept 1978
2. sebuah kamar yang akan ditempati oleh Ibu (lahir tanggal 18 Februari 1945) dan adik laki-laki saya yang lahir tanggal 8 Mei 1981
3. karena lahan yang terbatas, kalau memungkinkan di teras bisa dijadikan ruang tamu juga
4. ruang keluarga
5. ruang makan
6. dapur
7. kamar mandi
8. taman di belakang untuk bukaan

 Lantai 2 :
Area service (tempat cuci, setrika, & jemur)


Apakah warna rumah yang cocok untuk saya? Kapan sebaiknya saya mulai menempati? Apakah bidang pekerjaan yang cocok untuk saya? Atas bantuan Bapak saya mengucapkan terima kasih.


JAWABAN :
Ibu Nilam di Padang. Terima kasih atas suratnya, senang rasanya saya dipercaya untuk membantu Feng Shui rumah Ibu. Saya akan menjelaskan point demi point Feng Shui rumah Ibu, supaya rumah Ibu dapat mendatangkan keberuntungan dari berbagai aspek (kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan, karier, jodoh, keuangan, dll).

Feng Shui dapat diterapkan pada sebuah rumah kecil. Prinsip penerapan Feng Shui rumah kecil pada dasarnya sama dengan rumah sedang maupun besar, serta bangunan-bangunan umum lainnya, seperti : ruko, mall, toko, apartemen, hotel, perkantoran, dll. Feng Shui memang untuk diterapkan pada suatu bangunan, agar tercipta keselarasan & keseimbangan antara alam, hunian, & penghuni; di mana akan mendatangkan keberuntungan dari berbagai aspek.

Mengenai shio & unsur / elemen / medan magnetik masing-masing penghuni :
 IBU            18 Feb 45    Ayam Kayu
 NILAM        10 Des 76    Naga Api
 ADIK WANITA    11 Sept 78    Kuda Tanah
 ADIK LAKI        8 Mei 81    Ayam Logam

Hubungan Ibu dan Nilam pada dasarnya adalah harmonis, Nilam banyak mendapat dukungan dari Ibu. Nilam banyak membantu permasalahan adik wanita, tetapi Nilam tampil lebih dominan ketimbang adik laki, Nilam lebih banyak bisa berperan sebagai “kepala keluarga” dalam keluarga Nilam. Oleh karena itu, harus bisa bertanggung jawab dalam keluarga dan sebagai pengayom dan pelindung keluarga, juga agar dapat menghidupi seluruh anggota keluarga, tetapi itu semua juga akan sangat dimungkinkan jika Nilam banyak mendapat dukungan sepenuhnya dari setiap anggota keluarga, termasuk Ibu dan adik-adik Nilam. Nilam harus dapat menempatkan diri dengan berlaku adil dan seimbang kepada setiap anggota keluarga Nilam, supaya keharmonisan dapat tercapai lebih maksimal.


SEBELUM (DENAH AWAL) :

 


SETELAH (DENAH FENG SHUI) : 






Mengenai denah rumah :
 Arah hadap bangunan seharusnya ke Selatan
 Pintu utama menghadap ke Selatan. Pintu utama harus yang paling besar (tinggi & lebar), jika dibandingkan dengan pintu-pintu yang lain
 Posisi KAMAR UTAMA IBU di Tenggara. Ranjang menghadap ke Utara. K.utama sebaiknya memakai warna biru / hitam / hijau / merah / ungu / oranye (bisa warna tua / muda)
 Posisi KAMAR NILAM & ADIK WANITA di Barat Daya (lantai 2). Ranjang menghadap ke Timur. Warna ruang sebaiknya merah / ungu / oranye / kuning / coklat (bisa warna tua / muda)
 Posisi KAMAR ADIK LAKI di Barat Daya. Ranjang menghadap ke Timur. Warna ruang sebaiknya kuning / coklat / putih / biru / hitam (bisa warna tua / muda)
 Untuk dapur, posisi kompor (Barat) & washbak (Utara)
 Untuk toilet, closet jangan di depan pintu toilet, closet juga jangan membelakangi jalan
 Untuk warna ruang dapur sebaiknya merah muda / cream, dan untuk km/wc sebaiknya biru muda / hijau muda
 Untuk posisi perabot, bukaan-bukaan dinding, posisi ruang-ruang, dll, dapat dilihat pada gambar denah Feng Shui, telah saya sesuaikan dengan Feng Shui yang baik
 Untuk warna eksterior / interior, bisa dipilih & dikombinasikan : biru / hitam / hijau / merah / ungu / oranye (bisa warna tua / muda)
 Sebaiknya “tanggal, bulan, tahun” untuk pindahan / mulai menempati : “tanggal 3 – bulan 9 – tahun ini”
 Bidang pekerjaan yang cocok untuk Nilam, adalah pekerjaan yang mengandung elemen API / TANAH / KAYU

Sukses selalu untuk seluruh keluarga Ibu sekeluarga & selamat membangun rumah.





Cara Konsultasi Feng Shui :
---> kirim data via email ( junianto.setyono@gmail.com )
o    data kelahiran semua penghuni
o    bentuk lahan, posisi jalan, arah utara
o    gambar denah (file jpeg atau file pdf) / menuliskan daftar kebutuhan ruang (jika bangunan belum ada)
o    cantumkan luas lahan (m2), luas bangunan (m2), & jumlah lantai bangunan (1 lantai, 2 lantai, dst)
o    cantumkan nomor handphone Anda.
---> konfirmasi via sms setelah kirim data ke : nomor hp yang tercantum pada judul yang paling atas.