LAHAN POSISI KIRI TINGGI, FENG SHUINYA BAGUS ?



LAHAN POSISI KIRI TINGGI, FENG SHUINYA BAGUS ?

PERTANYAAN
Saya Ridwan tinggal di Menado. Saya pernah mendengar, bahwa lahan yang posisi kiri lebih tinggi maka memiliki Feng Shui yang bagus. Seperti apakah konsep dasar yang sebenarnya untuk Feng Shui ini? Bagaimana jika lahan di kiri tidak lebih tinggi daripada kanan? Bagaimana menyiasati & apa solusinya? Mohon penjelasannya. Trima kasih banyak.


JAWABAN
Bapak Ridwan di Menado, terimakasih suratnya.
Pada dasarnya, konsep lahan di kiri lebih tinggi daripada di kanan, mengacu pada prinsip Feng Shui aliran bentuk. Feng Shui aliran bentuk berpedoman pada Formasi Lima Binatang. Formasi Lima Binatang diwakili oleh 5 binatang Feng Shui di setiap sektor. Posisi kiri adalah posisi NAGA HIJAU, posisi kiri harus lebih dominan katimbang posisi kanan. Posisi kanan adalah posisi MACAN PUTIH. Posisi belakang adalah posisi KURA-KURA HITAM, posisi belakang harus lebih dominan katimbang posisi depan. Posisi depan adalah posisi BURUNG HONG MERAH. Posisi tengah / pusat adalah posisi ULAR KUNING. Jadi bisa disimpulkan, lahan yang posisi kiri lebih tinggi dari kanan & lahan yang posisi belakang lebih tinggi dari depan, adalah lahan dengan Feng Shui yang bagus, dapat mendatangkan keberuntungan dari berbagai aspek kehidupan. Posisi kiri-kanan & depan-belakang ini didapat jika kita berdiri di atas lahan menghadap jalan.






Lalu bagaimana jika formasi lahan ini tidak tercapai, burukkah Feng Shuinya? Sama sekali tidak, dalam Feng Shui, kondisi lahan yang buruk dapat ditata & diperbaiki dengan Feng Shui sehingga menjadi bagus & dapat mendatangkan hoki. Jika Anda ingin lahan yang posisi kiri lebih tinggi dari kanan & lahan yang posisi belakang lebih tinggi dari depan, solusinya :
·       Tanamilah pohon besar & tinggi di sebelah kiri / belakang rumah, misalnya: cemara, kelapa, palem raja, bambu, pinus, dsb
·       Posisi kiri rumah diberi dinding batas yang cukup tinggi, lebih tinggi daripada posisi kanan rumah
·       Posisi kiri rumah diberi dinding batas yang cukup tinggi, lebih tinggi daripada posisi kanan rumah
·       Tempatkanlah tower tandon air di posisi kiri / belakang rumah
·       Tempatkanlah di posisi kiri / belakang rumah, relief dinding (analogi gunung) & kolam ikan mas koi (analogi lautan) dengan water-fall (air terjun) yang arah alirannya mengarah ke pintu rumah samping kiri / pintu rumah belakang untuk menarik “chi” dari luar ke dalam rumah

Namun jangan lupa, hal di atas adalah konsep Feng Shui secara umum saja (hanya sebagai pelengkap Feng Shui khusus saja), di mana yang terpenting adalah Feng Shui khusus Anda. Feng Shui khusus ini berkaitan dengan arah hadap bangunan, posisi kamar tidur utama, pengaturan chi di dalam ruang, dan banyak hal-hal lain yang dipertimbangkan. Akan sangat bagus, jika kedua konsep dipadukan, di mana setelah diterapkan Feng Shui khusus Anda, dilengkapi dengan Feng Shui umum / tambahan Feng Shui yang lain. Efek positif Feng Shui rumah Anda dalam mendatangkan keberuntungan akan lebih maksimal & optimal. Feng Shui adalah seperti ilmu alam & estetika saja, seperti ajaran kebaikan jadi tidak bertentangan dengan agama sama sekali. Feng Shui bertujuan menciptakan hunian yang selaras & seimbang dengan alam, untuk keberuntungan hidup penghuninya.




Cara Konsultasi Feng Shui :
---> kirim data via email ( junianto.setyono@gmail.com )
o    data kelahiran semua penghuni
o    bentuk lahan, posisi jalan, arah utara
o    gambar denah (file jpeg atau file pdf) / menuliskan daftar kebutuhan ruang (jika bangunan belum ada)
o    cantumkan luas lahan (m2), luas bangunan (m2), & jumlah lantai bangunan (1 lantai, 2 lantai, dst)
o    cantumkan nomor handphone Anda.
---> konfirmasi via sms setelah kirim data ke : nomor hp yang tercantum pada judul yang paling atas.